Member Login

_____________________________________

Lost PasswordActivate Account

StudentCounsellorInstitution

Studymalaysia.com


Belajar Di Malaysia - Sistem Pendidikan di Malaysia

Ringkasan

Pendidikan adalah tanggung jawab pemerintah federal dan Malaysia berkenginan untuk pendidikan yang bagus untuk semua. Sistem pendidikan nasional meliputi pendidikan dari tahap pra-sekolah sampai ke tahap universitas. Pendidikan pra-tersier (yakni dari prasekolah sampai pendidikan menengah) adalah di bawah jurikdisi Kementerian Pendidikan Malaysia sedangkan pendidikan tersier adalah tanggungjawab Kementerian Pendidikan Tinggi Malaysia. Visi pemerintah adalah menjadikan Malaysia sebagai pusat pendidikan yang bermutu tinggi.

Pendidikan Dasar dan Menengah

Pendidikan dasar (selama 6 tahun) dan pendidikan menengah (selama 5 tahun yang terdiri dari 3 tahun menengah rendah dan 2 tahun menengah atas) secara total 11 tahun pendidikan adalah bebas biaya.

Umur untuk masuk ke tahun pertama pendidikan dasar adalah tujuh tahun. Pendidikan dasar diwajibkan untuk semua kanak-kanak yang berumur di antara 7 sampai 12 tahun. Para pelajar diwajibkan mengikuti ujian Negara di tahun terakhir pendidikan dasar, menengah rendah dan menengah tinggi.

Pendidikan Setelah Pendidikan Menengah

Setelah menyelesaikan pendidikan menengah, para pelajar boleh memilih untuk melanjutkan pendidikan selama satu atau dua tahun di kursus persiapan memasuki universitas. Dua belas tahun pendidikan sekolah adalah dasar untuk masuk ke tahun pertama program sarjana S1 di institusi pendidikan tinggi.

Pendidikan Tersier

Di tingkat pendidikan tersier, lembaga-lembaga pendidikan tinggi, baik yang dikelola pemerintah maupun swasta, menawarkan program-program sertifikat, diploma, sarjana dan pascasarjana (di bidang akademik dan profesional). Jangka waktu untuk program Sarjana S1 adalah tiga tahun. Kursus-kursus di tingkat ini banyak disediakan oleh sector pendidikan negeri dan swasta dan telah menarik perhatian pelajarpelajar antarabangsa.

Pendidikan tersier terdiri dari dua kelompok :

  • Institusi Pendidikan Tinggi Negeri (diselenggarakan oleh pemerintah), seperti universitas negeri, perguruan tinggi negeri, sekolah tinggi negeri, politeknik, perguruan tinggi komuniti dan lembaga pelatihan guru.
  • Institusi Pendidikan Tinggi Swasta (diselenggarakan oleh swasta), seperti universitas swasta, perguruan tinggi swasta, sekolah tinggi swasta dan kampus cabang universitas asing.

Institusi Pendidikan Negeri

Pemerintah menyediakan lebih dari 95% pendidikan dasar dan menengah dan juga lebih kurang 60% pendidikan tersier, selebihnya disediakan oleh sektor swasta.

Institusi Pendidikan Swasta

Institusi pendidikan swasta di Malaysia dapat dibagi menjadi dua kategori tergantung kepada tingkat pendidikan yang ditawarkan, dari pra-sekolah sampai pendidikan tersier. Dua kategori tersebut adalah sebagai berikut :

  • Institusi Pendidikan Swasta menawarkan pendidikan prasekolah, dasar dan menengah.
  • Institusi Pendidikan Tinggi Swasta menawarkan program sertifikat, diploma dan sarjana.

Kesempatan Belajar di Perguruan-Perguruan Tinggi Swasta di Malaysia

Pilihan Program-Program Tersier yang Kualitasnya Terjamin

Pelajar lokal dan asing yang ingin melanjutkan pendidikan tingginya dimanja oleh berbagai macam pilihan bidang studi yang ditawarkan oleh universitas lokal dan luar negeri yang sesuai dengan preferensi setiap individu dengan harga terjangkau. Institusi pendidikan tinggi swasta menawarkan kursus-kursus internal yang bermutu internasional, kursus-kursus yang ditawarkan oleh universitas luar negeri, kursus professional dan semi-profesional dan kursus Bahasa Inggris. Ini dapat dilihat dari kecenderungan universitas yang bereputasi dari Inggris dan Australia untuk membuka kampus cabang di sini, dan berbagai universitas dari Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Australia, Perancis, Jerman dan Selandia Baru yang menawarkan program berkembar, franchised dan eksternal yang bekerja sama dengan lembaga pendidikan di Malaysia. Universitas swasta juga menawarkan program sarjana dengan harga terjangkau dan bermutu tinggi sebagai tambahan.

Dipercayai sebagai pusat pendidikan yang bermutu di Asia Tenggara dan Asia Pasifik, program pendidikan Malaysia yang ditawarkan institusi pendidikan tinggi swasta (PHEIs) adalah berkualitas tinggi dan berstandar insternasional di mana operasionalnya dimonitor oleh pemerintah. Dengan pengakuan dari Kementerian Pendidikan Tinggi Malaysia, lembaga-lembaga pendidikan ini diatur dalam Undang-Undang Ketetapan Pendidikan 1996, Amandemen Pendidikan Tinggi 1996, Ketetapan Lembaga Pendidikan Tinggi Swasta 1996, Ketetapan Dewan Nasional tentang Pendidikan Tinggi 1996 dan Akta Kualifikasi Agen Malaysia 2007.

Pemakaian Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dan pergaulan menjadikan nilai tambah untuk para pelajar yang berkeinginan untuk mencapai karir yang sukses.

Jenis-Jenis Kualifikasi Yang Ditawarkan

  • Perguruan Tinggi Swasta
    - Kualifikasi yang ditawarkan secara internal ataupun sendiri
    - Menyelenggarakan program gelar sarjana secara kerjasama dengan universitas luar negeri
    - Mempersiapkan para pelajar untuk mengikuti ujian eksternal professional
  • Universitas Swasta
    - Menawarkan gelar sarjana dengan kualifikasi sendiri
  • Kampus Cabang Universitas Asing
    - Menawarkan gelar sarjana yang kualitasnya sama dengan kampus utamanya

Jenis-Jenis Sekolah Tinggi Swasta

Terdapat dua kategori PHEIs, yang terdiri daripada :

  • Status Non-Universitas
    - Perguruan Tinggi Swasta
    - Lembaga Pendidikan Swasta
  • Status Universitas
    - Universitas Swasta
    - Kampus Cabang Universitas Asing

Pilihan Belajar di Perguruan Tinggi Swasta

(A) Program Internal untuk Tingkat Sertifikat dan Diploma
Perguruan tinggi swasta telah berkembang dan menawarkan kualifikasi diploma mereka untuk pelajarpelajar sejak awal tahun 1980an. Kursusnya memakai Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Kebaikan dari program yang dikembangkan secara internal ini adalah program-program ini diakui dan mendapat status "advance standing" di berbagai universitas di Australia, Kanada, Selandia Baru, Inggris, Jerman dan juga Amerika Serikat untuk masuk ke tahun kedua program sarjana S1 yang ditawarkan mereka.

(B) Mempersiapkan Para Pelajar untuk mengikuti Ujian Eksternal Profesional
Perguruan tinggi swasta menyediakan kelas-kelas pelajaran tambahan untuk mempersiapkan para pelajar dalam menghadapi ujian dari luar yang disusun dan diselenggarakan oleh badan ujian lokal dan asing. Kualifikasi dari badan-badan tersebut akan diberikan kepada para pelajar yang berhasil dalam menempuh ujian-ujian dari luar ini. Beberapa kualifikasi tersebut diberikan oleh :

  • Asosiasi Profesional (ACCA-UK, CIMA-UK, ICSA-UK)
  • Asosiasi Semi-Progesional (IBBM, LCCIEB-UK, NCCUK)
  • Program-program Akademik Luar untuk tingkat sekolah lanjutan (GCE 'A' Level – UK, SAM-Australia, Canadian Pre-U)
  • Program-program Bahasa Inggris Luar Negeri (Universitas Cambridge)

(C) Program-Program Sarjana dari Universitas-Universitas Inggris, Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, Kanada, Jerman dan Perancis
Para pelajar dapat mengambil program sarjana di perguruan-perguruan tinggi swasta yang mempunyai hubungan kerjasama dengan universitas luar negeri. Bentuk kerjasama yang biasanya dibina oleh perguruan-perguruan tinggi swasta dengan universitasuniversitas asing adalah Program Transfer Sarjana atau Berkembar dan Program Sarjana 3+0 yang sepenuhnya diselesaikan di Malaysia.

(i) Program Transfer Sarjana

  • Program Berkembar memberi kesempatan kepada pelajar untuk memenuhi program pembelajaran pada tahun pertama atau kedua di perguruan tinggi setempat dengan sisa tahun berikutnya dilanjutkan di universitas luar negeri yang bersangkutan, yang akan memberikan kualifikasi sarjana.
  • Program Transfer Nilai Kredit berarti perguruantinggi swasta mempunyai hubungan dengan berbagai universitas luar negeri dan para pelajasr yang sudah memenuhi syarat nilai kredit dapat ditransfer ke universitas-universitas luar negeri sesuai dengan pilihan mereka. Pengaturan yang fl eksibel ini merupakan system yang paling populer dengan universitas Amerika Serikat.
  • Program Pindahan mengharuskan para pelajar untuk menghabiskan waktu 1-2 tahun di perguruan tinggi swasta dalam negeri di mana fakultas-fakultas dan mata pelajaran yang ditawarkan sudah diakui dan disesuaikan dengan statu "Advanced Standing" oleh universitas-universitas luar negeri. Ini berarti, fakultasfakultas tersebut (beserta mata pelajarannya) sudah diakui, baik sebagian maupun semuanya, dan para pelajarnya akan mendapatkan gelar diploma sebagai persyaratan untuk masuk ke universitas luar negeri. Kemudian, gelar sarjana akan diberikan kepada para pelajar yang telah sukses menyelesaikan sisa bagian dari program tersebut.

(ii) Program Sarjana Penuh 3+0
Program ini memberikan kesempatan kepada para pelajar untuk menyelesaikan program sarjana secara keseluruhan di perguruan tinggi swasta yang ada di Malaysia.

  • Program Gelar Sarjana 3+0 dari Universitas Luar Negeri
    Pada program ini, perguruan tinggi swasta mendapatkan izin dari universitas-universitas asing yang merupakan partner dari perguruan tinggi swasta tersebut yang akan memberikan gelar kualifikasi sarjana. Pilihan belajar jenis ini, sejak tahun 1998, telah menjadikan Malaysia sebagai destinasi pendidikan yang popular di kalangan pelajar yang ingin menghemat pengeluaran.
  • Program Eksternal untuk Kualifikasi Sarjana
    Program eksternal di perguruan tinggi swasta berfungsi untuk mempersiapkan para pelajar dengan pelajaran tambahan dalam menghadapi ujian akhir. Gelar yang didapat tidak berbeda dari para pelajar yang belajar secara langsung di universitas negeri maupun universitas luar negeri.

(D) Program Pascasarjana
Dalam kerjasamanya dengan universitas-universitas asing dan universitas-universitas negeri, perguruan tinggi swasta menawarkan berbagai macam program pascasarjana di berbagai bidang kepada para pelajar dengan biaya pendidikan yang relative murah dan memenuhi standar pendidikan internasional.

Pilihan Belajar di Universitas Swasta Malaysia

Pelajar dapat belajar di universitas yang ditubuhkan di Malaysia untuk mendapatkan kualifikasi sarjana S1 dan juga pascasarjana dimana Bahasa Inggris adalah bahasa pengantar. Biaya kuliah yang cukup rendah di samping diakui di seluruh dunia, kampus-kampus ini banyak dicari oleh pelajar setempat dan juga pelajar antarbangsa. Bidang pendidikan termasuk bisnes, sains computer,teknik, IT, kedokteran, social dan juga bahasa.

Pilihan Belajar di Kampus Cabang Universitas Asing

Kampus cabang universitas asing yang terletak di Malaysia menawarkan kualifikasi sarjana yang sama persis dari segala aspek dengan kualifikasi dari kampus utama yang terletak di Negara asal. Kampus cabang pertama yang didirikan di Malaysia adalah Monash University Malaysia di tahun 1998.

Pelajar-pelajar dari kampus cabang di Malaysia mendapat kesempatan untuk belajar selama satu atau dua semester di kampus utama di luar negara (tetapi bukan tahun terakhir) tanpa ada masalah. Pelajar yang mendaftar di kampus cabang secara otomatis adalah pelajar di kampus utama. Biaya kuliah di kampus cabang yang terletak di Malaysia adalah jauh lebih rendah dari kampus utama.


Category: Study Opportunities in Foreign Languages

Study in Malaysia Handbook 8th Ed Source: Study In Malaysia Handbook 8th Ed.

All rights reserved. No part of this editorial contents may be reproduced, copied, translated, or stored in a retrieval system or transmitted in any form or by any means without the written consent from the publisher Challenger Concept (M) Sdn Bhd (www.studymalaysia.com/challenger)